Sunday, August 26, 2012

Beasiswa S2 Double Degree Ilmu Lingkungan UNPAD


Sekedar info aja buat temen-teman yang mungkin lagi nyari beasiswa, gak perlu khawatir. Karena banyak banget beasiswa bertaburan di luar sana. Asal bermodalkan mesin pencari, kemauan dan tekad yang kuat semua itu tidak akan hanya jadi sekedar impian. Untuk postingan kali ini saya ingin share sedikit tentang beasiswa Pasca Sarjana Magister Ilmu Lingkungan Universitas Pajajaran (PSMIL UNPAD). Beasiswa ini merupakan salah satu program beasiswa unggulan double degree. Sesuai Informasi yang diperoleh dari web dikti, untuk tahun akademik 2012-2013 program ini akan bekerjasama dengan pemerintah Jepang dengan konsentrasi bidang "Pembangunan dan Konservasi Lingkungan Pedesaan". 

Berdasarkan pengalaman temen-teman saya yang sempat studi di Unpad, memang ada beberapa perbedaan tampaknya dengan beasiswa kali ini. Setahu saya untuk penerimaan beasiswa tahun akademik 2009/2010 dan 2010/2011 lalu, program double degree ini bekerjasama dengan Universitas Twentee Belanda dan beasiswanya merupakan beasiswa unggulan dari diknas. Selain itu, selama studi di Unpad, penerima beasiswa akan memperoleh kesempatan untuk mendapat kursus bahasa Inggris secara gratis di TBI (The British Institute) dan kesempatan tes IELTS untuk menentukan penerima beasiswa yang berkesempatan studi di Belanda. Nantinya akan ada dua orang penerima beasiswa ke Belanda yang disaring berdasarkan prestasi akademik dan skor tes bahasa (IELTS) tertinggi. 
Penerima beasiswa yang terpilih, Selanjutnya akan melanjutkan studi di belanda selama satu tahun baru kemudian para penerima beasiswa tersebut akan kembali lagi ke Unpad untuk menyelesaikan studi mereka demi memperoleh gelar magisternya. Jadi pada intinya, mahasiswa yang memperoleh kesempatan ke Belanda tersebut akan melakukan satu tahun pertamanya studi di Unpad kemudian melanjutkan studi tahun keduanya di Belanda dan kalau tidak salah dapat memperoleh dua gelar sekaligus atau memilih salah satu gelar. Sedangkan yang tidak berkesempatan ke Belanda, secara full menyelesaikan studinya di Unpad dengan gelar Magister Ilmu Lingkungan.

Nah untuk teman-teman yang berminat, berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar:
  1. lulusan S1 dari berbagai jurusan
  2. IPK minimal 3.4 skala 4.0. Tapi jika IPK kalian di bawah 3.4 tidak perlu khawatir karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, panitia akan menghargai dan mempertimbangkan berbagai prestasi non-akademik, pengalaman organisasi dan karya tulis kalian.
  3. TOEFL minimal 500. Kemampuan bahasa inggris menjadi syarat mutlak untuk rata-rata persyaratan beasiswa. So kalau kalian merasa kemampuan bahasa Inggrisnya masih kurang, persiapkan mulai sekarang juga. 
Saat ini PSMIL Unpad sedang membuka pendaftaran hingga 31 Oktober 2012. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa mengunjungi halaman websitenya di www.ppsil.unpad.ac.id atau mengunjungi sekretariat PSMIL PPs UNPAD di
Jalan Sekeloa No.1 Bandung 40132, 
Tlp/Fax 022-2508871 
email: psmil@unpad.ac.id.

Good Luck ya teman-teman...karena menurut saya dengan semakin berkembangnya teknologi tidak ada alasan lagi untuk kita tidak maju dan tidak berkembang. Atau bahkan menyerah terhadap pendidikan hanya karena kendala biaya. Semua ada solusinya. Tinggal kita yang berusaha untuk meraihnya.


No comments:

Post a Comment